jisoo blackpink on snowdrop

Kontroversi Drama Snowdrop Yang Akan Dibintangi Oleh Jisoo BLACKPINK

Drama Snowdrop Yang Dibintangi Kim Jisoo Blackpink dan Jung Hae In

Pada akhir maret lalu ratusan ribu warga Korea Selatan menandatangani petisi untuk membatalkan drama berjudul Snowdrop yang akan dibintangi oleh Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In sebagai pemeran utama. Drama kontroversial ini telah menuai berbagai protes dari knetz yang merasa K-Drama ini meromantisasi dan mendistorsi sejarah nyata di Korea Selatan. Bahkan netizen Korea disenyalir sedang mengumpulkan dana untuk menyewa truk-truk untuk memprotes penayangan drama terbaru JTBC tersebut.

Banyak netizen Korea juga meminta YG entertainment tempat Jisoo bernaung untuk membatalkan tampilnya Jisoo pada drama tersebut. Mereka menganggap Jisoo yang sangat terkenal di dunia internasional akan membawa banyak penonton dari luar Korea ke drama ini dan memberikan impresi yang salah terhadap demokrasi di Korea Selatan.

Plot Drama Snowdrop Yang Bocor

Kontroversi ini bermula ketika sebuah sinopsis yang diklaim merupakan plot awal dari serial drama Snowdrop ini. Drama ini diisukan akan menceritakan tentang perjuangan mahasiswa di tahun 1987 dalam memprotes pemerintahan diktator di Korea Selatan pada masa itu. Drama disenyalir akan memiliki karakter utama seorang mata-mata Korea Utara yang berpura-pura menjadi aktivis diantara para aktivis mahasiswa.

snowdrop actors

1. Plot Yang Dinilai Menghina Dan Tidak Pantas

Alasan mengapa warga Korea Selatan marah setelah mendengar sinopsis ini adalah karena pada masa 1960an sampai akhir 1980an, banyak sekali pemrotes yang tidak bersalah dijebak dengan alasan bahwa mereka adalah mata-mata dari Korea Utara. Selain itu, karakter utama laki-laki kedua dikatakan merupakan seorang petugas keamanan nasional. Ini memperburuk pandangan warga Korea Selatan terhadap drama ini karena pada masa itu, ratusan mahasiswa yang tewas dibunuh atau bahkan disiksa oleh petugas keamanan nasional karena memperjuangkan hak mereka.

Keberadaan drama Snowdrop ini dianggap membenarkan perkataan mantan presiden diktator Chun Du Hwan tentang mata-mata yang berpura-pura menjadi aktivis. Selain itu kejadian ini beru terjadi sekitar 30-40 tahun yang lalu. Banyak dari para korban masih hidup dan masih mengingat kejadian mengerikan ini. Bahkan para pelanggar termasuk sang mantan presiden masih hidup dan ia masih memiliki banyak pendukung yang percaya bahwa para pemrotes adalah mata-mata.

2. Karakter Yang Diperankan Jisoo Blackpink

Tidak hanya sampai disitu, karakter yang akan diperankan oleh anggota girlband populer Blackpink pun menuai banyak kontroversi. Karakter utama yang dinamakan Eun Young-Cho dinilai terlalu mirip dengan tokoh nyata Chun Young Cho yang merupakan salah satu aktivis mahasiswa terkenal pada masa itu. Chun Young Cho ikut andil mengerahkan para mahasiswi untuk bergerak dalam revolusi mahasiswa pada 1987 dan ia ditangkap oleh militer dan diinterogasi.

Kisah Chun Young Cho diceritakan dalam novel berjudul ‘Young Cho Unnie’ yang bertujuan melawan gagasan bahwa para wanita hanya menjadi penonton pada masa protes dan menjadi tim medis.Sedangkan karakter Young Cho dideskripsikan di sinopsis sebagai mahasiswa keperawatan yang membantu menyembunyikan dan merawat luka pemrotes bernama Su-Ho. Hal ini dinilai dengan sengaja mendiskreditkan tokoh nyata Young Cho dan para pemrotes wanita lainnya.

Reaksi Dari Stasiun TV JTBC

JTBC sebagai stasiun yang akan menayangkan drama Snowdrop belum merespons soal alegasi-alegasi dalam plot filmnya. Sampai saat ini hanya ada pernyataan dari beberapa orang bahwa plot tersebut masih merupakan plot awal namun belum ada kelanjutan dan plot belum diperbaharui. Pihak JTBC baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mengganti nama karakter yang akan diperankan oleh Jisoo untuk menghindari kontroversi lebih lanjut. Sebelumnya JTBC juga mengkonfirmasi bahwa drama ini tidak bersetting pada gerakan demokrasi melainkan pada situasi politik pemilihan presiden pada tahun 1987.

Reaksi Fans Internasional Dan Imbas Terhadap Jisoo Blackpink

jisoo blackpink

Pada awalnya banyak fans internasional yang menganggap k-netizen terlalu berlebihan dan mudah tersinggung. Fans internasional menganggap bahwa drama ini hanya merupakan karya fiksi dan tidak ada kaitannya dengan sejarah. Bahkan lebih buruk lagi, banyak fans Jisoo Blackpink yang menganggap bahwa kontroversi ini dibuat dan dipromosikan oleh para haters untuk menjatuhkan Jisoo Blackpink.

Pandangan mereka ini dianggap oleh netizen Korea Selatan sebagai pendapat yang tak teredukasi. Pada akhirnya terdapat berbagai opini tentang hal ini. Banyak yang tetap mendukung Jisoo untuk tetap tampil pada drama ini, banyak yang ingin Jisoo tidak ikut untuk menghindari nama baiknya tercoreng. Banyak lainnya yang menganggap bahwa nama Jisoo sudah terlanjur tercoreng dan sebaiknya pihak Jisoo meminta maaf karena tidak menyaring plot drama yang akan dibintangi dengan baik. Bagaimana pendapatmu? Apakah Jisoo seharusnya tetap ikut dalam produksi drama ini atau lebih baik tidak ikut terlibat lebih jauh?

Copyright © 2021 caraibesmagazine.com All Right Reserved | Sitemap